Desa Undaan Tengah
Website Informasi dan Layanan Desa

INFORMASI

SEJARAH SINGKAT DESA
11 AGU 2020 - 15:08

Menurut sejarah Desa Undaan Tengah asal muasalnya terletak atau berada ditepi sungai Wulan, dengan luas hunian pada waktu itu ± 300 M dengan letak geografis memanjang antara gang 2 sampai dengan gang 8, hal itu bisa dilihat dengan sisa –sisa bekas hunian masyarakat pada kala itu.

Diantara gang 3 dan 4 pernah terdapat Pemakaman, di antara gang 4 dan gang 6 disitu banyak pecahan genting dan gerabah rumah tangga bekas hunian masyarakat pada kala itu, sedangkan untuk gang 6 dan 8 disitu masih terdapat pogokan (dangkel ) batang pohon kelapa yang semua itu bisa dilihat kalau pada waktu musim kemarau dimana sungai dalam keadaan kering. Semua itu kini tinggal sejarah masa lalu, dengan berkembangnya zaman dan berfungsinya sungai Wulan bekas hunian masyarakat pada waktu itu sedikit demi sedikit terkikis hilang ditelan waktu, yang kini tinggal sejarah.

Desa Undaan Tengah merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus. Luas wilayah Desa Undaan Tengah ± 622 Ha. Jarak Desa Undaan Tengah dengan Kantor Kecamatan Undaan kurang lebih 3 km, dan jarak dengan kabupaten kurang lebih 10 km. Secara topografi Desa Undaan Tengah Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus terdiri atas dataran rendah dengan ketinggian + 10 m diatas permukaan air laut. Sesuai dengan letak geografis, dipengaruhi iklim daerah tropis yang dipengaruhi oleh angin muson dengan dua musim, yaitu musim kemarau pada bulan April – September dan musim penghujan antara bulan Oktober – Maret.

Desa Undaan Tengah dalam suatu sistem hidrologi, merupakan kawasan yang berada pada dataran rendah. Kondisi ini yang menyebabkan rawan terhadap bencana alam banjir pada musim penghujan. Pola tata guna lahan terdiri dari perumahan, tegalan/kebon sawah, dan penggunaan lainnya dengan sebaran perumahan seberas 12,5%, sawah sebesar 81,94%, dan penggunaan lainnya yang meliputi jalan sungai dan tanah kosong sebesar 5,56%.